Selasa, 21 Oktober 2014

Menyiapkan Pemimpin Masa Depan lewat LDKS

 SMPN 4 KATINGAN KUALA-
Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Umi Salamah, menyelenggarakan kegiatan Latihan Dasar Kesiswaan Sekolah (LDKS) se-Katingan Kuala bertempat di gedung SMPN4 Katingan Kuala, Minggu (28/09) lalu.

Kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk menyiapkan sosok pemimpin itu diikuti sebanyak 60 siswa dari 4 (empat) sekolah, yaitu SMPN 1 Katingan Kuala, SMPN 2 Katingan Kuala, SMPN 3 Katingan Kuala dan tuan rumah SMPN 4 Katingan Kuala.

Terlihat berjalan dengan lancar, kegiatan pelatihan ini di awali dengan sambutan Muhammad Anis Romzi, S.Pd.I selaku Kepsek SMPN 4 Katinga Kuala sekaligus memberikan materi Manajemen Kepemimpinan,” ucap Wakasek Kesiswaan Umi Salamah disela kegiatan tersebut.

Selain itu, katanya materi lainnya disampaikan Efras Kristiandi (Guru Matematika) pada materi Analisis SWOT. Lalu dilanjutkan dengan materi Komunikasi Efektif yang disampaikan Saiful Rahman (Guru IPS) tentang komunikasi yang efektif. Situasi pelatihan tampak hidup ketika Saiful mengajak anak-anak untuk mempraktikkan cara berkomunikasi secara efektif dengan sesama peserta.

Materi keempat diisi oleh Yusri (Guru PAI) yaitu tentang Surat Menyurat, pembelajaran berjalan dengan tertib. Peserta pelatihan mengikuti materi dengan hikmat, diselingi dengan game yang kembali menghangatkan suasana pelatihan.

Sedangkan pada materi terakhir, Management OSIS disampaikan oleh  Umi salamah (guru IPA) SMPN 4 Katingan Kuala. Penyampaian materi terlihat mengasyikkan disela-sela pembelajaran peserta diajak bernyanyi dan memainkan game.

Umi menjelaskan kegiatan ini dirancang agar Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) mampu menjalankan program-program OSIS dengan bekal ilmu yang dapat dimanfaatkan dalam organisasi sekolah.

Pelatihan LDKS ini penting dilakukan karena sangat bermanfaat bagi OSIS, selain memantapkan keterampilan mereka dalam berorganisasi. Maksudnya bukan hanya namanya saja OSIS, tetapi mereka juga memiliki kemampuan dalam berorganisasi,” terang Umi.

Sementara itu, Nevi, Guru pendamping dan juga Guru Bahasa Inggris dari SMPN 2 Katingan Kuala Bahkan, berharap kedepannya pemateri itu dari OSIS sendiri, bukan dari Bapak atau Ibu guru lagi.

“Saya berharap kegiatan pelatihan ini juga dapat dilakukan secara bergiliran selain sebagai penjalin silaturahmi juga agar komunikasi antar sekolah tetap terjaga,” tutur Nevi.

Selain itu, salah satu peserta mengungkapkan bahwa dirinya merasakan mendapat sebuah pengalaman yang menyenangkan.


“Mengagumkan, sangat menyenangkan. Selain mendapatkan ilmu, kegiatan ini patut dicontoh. Apalagi ada gamenya, mengasyikkan. Saya senang sekali. Kegiatan ini harus diadakan secara bergiliran setiap tahun,” kata Eli Susanti, yang menjabat wakil ketua OSIS dari SMPN 2 Katingan Kuala. (ELISA dan MIFTAHUL JANNAH, dkk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar