Senin, 27 Oktober 2014

Siswa Ikut Kelola Program JUMADI (Jum’at Dua Ribu)

SMPN4 Jaya –
Guna mengimbangi dan menjadi sekolah terdepan dalam nilai akademik, non akademik, administrasi dan akhlak, terhadap sekolah lainnya yang ada di Kabupaten Katingan Propinsi Kalteng dan umumnya di Indonesia, SMP Negeri 4 Katingan Kuala terus  mengembangkan
kreativitas dan inovasinya. Salah satu program sekolah yang dibuat adalah Program JUMADI (Jum’at Dua Ribu).

“Program ini dimaksudkan untuk menunjang dan mendukung pelaksanaan kegiatan keagamaan yang ada di lingkungan sekolah seperti melengkapi sarana dan prasarana ibadah khususnya bagi peserta didik yang beragama Islam,” jelas Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Katingan Kuala, Moh. Anis Romzi, S.Pd.I. Selasa (23/9).

Diakui Anis, program Jum’at dua ribu ini mengadopsi dari sekolah lain, Namun begitu, jelasnya, pihaknya membuat program ini dengan membuat inovasi yang berbeda. Dimana dalam pelaksanaannya ada keterlibatan peserta didik sebagai pengumpul dan pengelolanya.

“Meskipun ini hampir sama dengan program yang ada di sekolah lain, tapi kami mengemasnya dengan cara yang berbeda. Kami menamakannya dengan program JUMADI (Jum’at Dua Ribu) yang mana sebagai pengumpul dan penghimpun dananya ada keterlibatan siswa,” terang alumni STAIN Kediri ini.

Anis menjelaskan, program JUMADI adalah kegiatan ibadah beramal pada hari Jum’at, dimana setiap siswa diminta dapat menyisihkan uang belanjanya sebesar dua ribu (Rp.2.000) untuk di sedekahkan dalam rangka menunjang kegiatan keagamaan di sekolah.

“Kebiasaan beramal sholeh inilah yang ingin kami tanamkan kepada peserta didik kami yang ada di SMP Negeri 4 Katingan Kuala, sehingga mereka nanti akan tumbuh menjadi anak yang suka beramal dan bersedekah setelah mereka dewasa,” kata Anis.


Guru Bahasa Inggris ini menjelaskan, meskipun SMP Negeri 4 Katingan Kuala merupakan sekolah baru, sekolah yang berdiri dan diresmikan pada bulan Juli tahun 2014 yang terletak di desa Jaya Makmur, ia menginginkan sekolah ini terus melakukan percepatan sehingga menjadi sekolah yang terdepan dan menjadi sekolah percontohan bagi sekolah lainnya. 

2 komentar:

  1. Post yg sangat bagus mungkin akan lbih bagus lagi klo setiap aktifitas murid di sekolah di post kan agar kita pun dapat mengukur kejujuran setiap anak anak kita yang mengikuti program belajar disekolah he he maaf kunjungan perdana wassalam

    BalasHapus